Home » Aplikasi » 11 Aplikasi Pinjaman Online yang Sudah OJK (100% Aman!)

11 Aplikasi Pinjaman Online yang Sudah OJK (100% Aman!)

Saat ini, Anda bisa melakukan pinjaman online melalui aplikasi. Namun, perlu diperhatikan kelegalitasannya agar tidak terjerat pinjol yang membahayakan. Oleh sebab itu, pilihlah aplikasi pinjaman online yang sudah diawasi OJK.

Banyaknya pinjaman online yang ilegal akan berdampak buruk bagi peminjam karena malah merugikan Anda sendiri. Pastikan aplikasi tersebut aman untuk melakukan transaksi keuangan. Parameternya dapat dilihat sudah tidaknya aplikasi terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Terlepas dari banyaknya pinjol ilegal yang memakan korban, ada pula aplikasi pinjaman online aman yang bisa dipakai oleh Anda yang membutuhkan pinjaman.

Meskipun begitu, lihatlah lebih teliti peraturan dari setiap aplikasi tersebut agar bisa mempertimbangkan mana yang terbaik.

Mau tahu rekomendasinya? Berikut aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. 1

1. Akulaku

Aplikasi ini adalah platform yang digunakan untuk perbankan dan keuangan digital. Adanya aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pinjaman tunai. Anda bisa memilih dua layanan yang ditawarkan oleh Akulaku.

Layanan pertama bernama Dana Cicil dan yang kedua adalah KTA Asetku. Kedua layanan ini memiliki perbedaan tersendiri. Untuk Dana Cicil adalah layanan bisa didapat setelah Anda menginstal aplikasi Akulaku.

Kemudian, untuk yang menginginkan pinjaman uang dengan pencairan yang lebih cepat bisa menggunakan layanan KTA Asetku. Selanjutnya, periode pelunasan juga dapat dipilih sesuai dengan kemampuan. Ada pelunasan kredit dari satu bulan sampai 1 tahun.

Untuk meminjam di aplikasi Akulaku, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya menyetor nomor rekening dan data pribadi. Data yang dibutuhkan yaitu nomor Hp dan email. Nantinya, Anda perlu melakukan verifikasi.

Aplikasi ini juga membuat Anda mudah melakukan pengajuan kredit untuk membeli barang elektronik seperti HP, laptop, dsb.

Menariknya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan menggunakan fitur Akulaku Paylater untuk meminjam uang. Aplikasi ini sudah terdaftar di OJK yang ada di PT Akulaku Finance Indonesia.

Setelah mendaftar dan membuat akun di Akulaku, Anda bisa langsung memperoleh saldo pinjaman sampai Rp 25 juta.

2. Kredivo

Kredivo

Aplikasi pinjaman online kedua yang aman digunakan adalah Kredivo. Kredivo merupakan platform yang juga banyak dipakai di Indonesia. Untuk melakukan peminjaman lewat aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Limit dari aplikasi pinjaman online yang diberikan yaitu maksimum Rp 30 juta. Hal ini cukup banyak dibandingkan aplikasi lainnya. Kelebihan lainnya dari Kredivo adalah bisa mendapatkan bunga 0% alias tidak ada bunga sama sekali jika melakukan cicilan dalam kurun waktu 3 bulan.

Adapun untuk cicilan yang lebih dari 3 bulan akan dikenakan suku bunga sebesar 2,6% tiap bulannya.

Tentu hal ini lebih memudahkan para peminjam dan tidak memberatkan. Tak heran jika aplikasi Kredivo sudah terdaftar dan diawasi OJK. Untuk menggunakan aplikasi ini dan melakukan pinjaman, perlu untuk mempunyai penghasilan minimal Rp 3 juta perbulan.

Untuk dokumen persyaratannya yaitu mencantumkan KTP, foto diri, sampai NPWP bagi akun premium. Anda juga bisa langsung membeli barang yang diinginkan melalui fitur Buy Now Pay Later. Aplikasi ini sudah bekerja sama dengan berbagai merchant terkenal.

Contohnya seperti IKEA, McDonald’s, Tokopedia, Bukalapak, dsb.  Jadi, pembayaran dapat bisa langsung diproses dengan menerapkan sistem pinjaman atau kredit lewat Kredivo.

3. Indodana

Indodana

Indodana adalah aplikasi pinjaman online yang sudah dibuat dari tahun 2017. Melalui aplikasi ini, bisa digunakan untuk mendapatkan layanan pinjaman tunai, paylater, sampai cicilan tanpa menggunakan kartu kredit.

Baca :   Link Download FF Max Apk 2.94.2 Versi Terbaru 2022

Kemudian, Indodana resmi mendapatkan izin atau terdaftar di OJK di tahun 2018. Jadi, kini Anda bisa menggunakan aplikasi ini karena Indodana juga masuk ke dalam AFPI atau Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia.

Untuk Anda yang membayar cicilan lebih cepat yaitu dalam kurun waktu 3 bulan, maka tidak akan dikenakan bunga. Adapun angsuran cicilannya bisa mencapai 12 bulan waktunya. Adapun untuk nominal uangnya yang dapat dipinjam yaitu dari Rp 1 juta sampai Rp 12 juta.

Indodana dikembangkan oleh PT Artha Dana Teknologi. Suku bunga untuk peminjamannya adalah 3% tiap bulannya jika dibayar lebih dari 3 bulan. Untuk mendaftar akun dan melakukan pinjaman ada beberapa persyaratan transaksi Indodana. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Berusia minimal 20 tahun dan maksimal adalah 55 tahun.
  • Ketika melakukan pelunasan pinjaman online harus berada di domisili sesuai dengan wilayah layanan Indodana.
  • Selanjutnya, Anda perlu mengumpulkan berkas kelengkapan seperti foto KTP, foto diri, akun bank untuk pinjaman tunai.
  • Minimal penghasilan yang dimiliki adalah Rp 3,5 juta perbulan.

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa langsung melakukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

4. Julo

Julo

JULO adalah aplikasi yang sudah dirilis sejak tahun 2016. Aplikasi ini menawarkan cicilan pinjaman uang dengan periode cicilan sampai 0 bulan. Adapun nominal uang pinjaman maksimumnya adalah Rp 15 juta sedangkan minimumnya bisa dari Rp 500 ribu.

Keunggulan dari aplikasi pinjaman online ini yaitu adalah cashback ketika membayar cicilan sehingga ini lebih menguntungkan untuk Anda.

Tak hanya itu, JULO juga menyediakan fitur undian berhadian tiap bulan sehingga pengguna bisa mendapatkan hadiah yang menguntungkan. Aplikasi ini tersedia berbagai metode pembayaran digital. Ada berbagai rekening dan dompet digital yang bisa dipilih.

Syarat untuk mengajukan aplikasi pinjaman online lewat JULO yaitu berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Syarat lainnya yaitu harus berdomisili di Indonesia. Penghasilan dari peminjam minimal punya gaji Rp 2 juta tiap bulannya.

Untuk menggunakan JULO, perlu juga diketahui suku bunganya yaitu dari 4-9% tiap bulannya. JULO sudah diinstal oleh lebih dari 5 juta orang dan bisa diterapkan pada ponsel Android ketika transaksi. Adapun untuk cara mendaftar menggunakan aplikasi JULO adalah sebagai berikut:

  • Install aplikasinya lewat Play Store baik Google Play Store atau Apple Store.
  • Selanjutnya, buka aplikasi dan klik Daftar.
  • Lengkapi formulir registrasi dengan mengisi nomor KTP, data diri, foto, sampai PIN.
  • Tunggu sampai proses verifikasi berhasil dan Anda sudah bisa melakukan pinjaman di aplikasi JULO ini.

5. Kredit Pintar

Kredit-Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online yang dirilis pada tahun 2017 sama dengan aplikasi Indodana. Kredit Pintar memberikan pinjaman dengan suku bunga tahunan yang rendah yaitu tidak sampai 11%.

Anda bisa meminjam uang tunai dengan nominal yang besar yaitu maksimal mencapai Rp 20 juta. Selanjutnya, peminjaman uang ini bisa dicicil dengan periode 91 hari sampai dengan 360 hari.

Syarat untuk melakukan pinjaman online lewat Kredit Pintar tidak terlalu sulit. Syaratnya adalah minimal 18 tahun keatas serta harus mengisi data pribadi yang diminta dengan benar dan akurat.

Selain itu, sertakan juga KTP sebagai bukti identitas diri. Lewat Kredit Pintar tidak perlu dokumen penting lainnya sehingga tergolong lebih aman untuk penggunanya. Ini akan cocok bagi Anda yang membutuhkan dana pinjaman yang cepat.

Baca :   LuluBox Apk Free Fire & 8 Ball Pool Download Tanpa Root

Hal ini karena setelah mendaftar ke aplikasi, Anda bisa langsung mendapatkan uang pinjaman kurang dari 24 jam ketika sudah memenuhi persyaratan. Jadi, uang yang diinginkan bisa diperoleh dengan cepat.

6. Tunaiku

Tunaiku

Tunaiku adalah aplikasi pinjaman online yang dikembangkan oleh PT Bank Aman Indonesia Tbk. Tunaiku sudah lama dibentuk yaitu dari tahun 2014 sampai dengan saat ini. Aplikasi Tunaiku juga terbilang aman digunakan karena termasuk yang terdaftar di OJK.

Menariknya, Tunaiku menawarkan pinjaman dengan rentang waktu cicilan yang lebih lama. Jadi, ini dapat meringankan penggunanya. Selain itu, nominal pinjaman juga bervariasi mulai dari Rp 2 juta sampai dengan Rp 20 juta.

Untuk mencairkan dananya juga terbilang cepat tidak sampai 24 jam, dana pinjaman bisa diterima. Namun, tentu harus sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan dalam aplikasi ini.

Setelah pencairan, Anda perlu melakukan tanda tangan kontrak pinjaman yang biasanya diberikan 1 sampai 3 hari setelahnya. Tunaiku juga memberlakukan peraturan dan sanksi bagi peminjam online yang tidak tepat waktu membayar atau mengalami keterlambatan.

Adapun sanksi keterlambatannya yaitu dikenakan biaya tambahan Rp 150 ribu tiap bulannya.. Suku bunga untuk pinjaman online ini adalah 2-5%.

Rating dari aplikasinya yaitu 4,3/5. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk meminjam uang online dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Berusia minimal 21 tahun. Maksimalnya 55 tahun.
  • Memiliki penghasilan dan tidak disebutkan minimal gajinya.
  • Seorang Warga Negara Indonesia atau WNI
  • Punya rekening bank.
  • Ada alamat KTP dan domisili sesuai layanan dari Tunaiku.

7. Rupiah Cepat

Rupiah-Cepat

Aplikasi selanjutnya adalah Rupiah Cepat yang dapat dipilih sebagai alternatif melakukan pinjaman online. Rupiah Cepat dibuat oleh PT Kredit Utama Fintech Indonesia.

Aplikasi Rupiah Cepat juga sudah diawasi dan terdaftar OJK. Selain itu, aplikasi ini juga termasuk dalam AFPI sehingga dapat lebih terjamin keamanannya.

Untuk melakukan pinjaman, Anda bisa memilih periode cicilan dari 91 hari sampai dengan 365 hari. Rupiah cepat sudah diinstal oleh lebih dari 10 juta orang jadi bisa dibilang aplikasi ini cukup populer meski ratingnya 4,3/5.

Suku bunga yang diberikan yaitu sekitar 24% tiap tahunnya. Untuk mendapatkan pinjaman online ini, syarat pengajuannya cukup mudah yaitu harus berusia minimal 18 tahun, punya KTP, dan ada rekening bank.

Kekurangan dari Rupiah Cepat adalah jumlah pinjaman yang diberikan tidak terlalu banyak yaitu dari Rp 400 ribu sampai dengan Rp 10 juta.

8. Danafix

Danafix

Aplikasi berikutnya yang dapat dimanfaatkan untuk pinjaman online adalah Danafix. Suku bunga dari aplikasi ini juga terbilang rendah sehingga banyak juga yang menjadikan aplikasi ini pilihan untuk meminjam uang secara online.

Tak hanya itu, Danafix bisa mencairkan pinjaman dana Anda dalam waktu cepat. Suku bunga yang diberikan cukup kompetitif yaitu 0,5% tiap harinya. Kelebihan aplikasi Danafix yaitu sudah terdaftar dan diawasi resmi oleh OJK.  Jadi, lebih aman dapat penerapannya.

Untuk meminjam dana di Danafix, bisa mencapai Rp 10 juta. Namun, bagi pengguna baru, jumlah pinjamannya belum bisa mencapai Rp 10 jta. Pinjaman yang besar ini hanya diperuntukkan untuk pengguna lama.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu ada simulasi pembayaran sehingga pengguna lebih mengerti cara menggunakannya. Berikut ini adalah syarat dan cara mendaftar aplikasi Danafix untuk pinjaman online:

  • Download dan install aplikasi Danafiz lewat Play Store.
  • Selanjutnya lakukan simulasi pinjaman. Hal ini akan membantu Anda untuk menghitung plafon kredit dan cicilan per bulan. Jadi, bisa menentukan mana yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.
  • Untuk melakukan pinjaman, lakukan pengisian data pribadi dengan lengkap dan benar beserta alamatnya.
  • Selanjutnya lakukan foto selfie dan upload KTP.
  • Lalu, lakukan langkah verifikasi untuk aktivasi akun. Biasanya akan menggunakan kode OTP yang dikirim lewat nomor HP atau email.
  • Selanjutnya, klik Submit aplikasi pinjaman agar segera diproses dan uang Anda bisa dicairkan.
Baca :   Xxnamexx Mean Full Jpg Video Bokeh Museum Korea Video Cina

9. Finplus

Finplus

Aplikasi Finplus adalah salah satu aplikasi pinjaman online yang sudah mendapatkan izin dan terdaftar di OJK. Suku bunga yang ditawarkan dari Finplus ini cukup rendah yaitu 0,4% sampai dengan 0,58% per hari.

Adapun besar plafon yang diberikan yaitu dari Rp 600 ribu sampai dengan Rp 2 juta. Untuk mendapatkan pinjaman ini, persiapkan KTP terlebih dahulu. Syarat selanjutnya, yaitu peminjam harus sudah punya penghasilan yang stabil.

Jadi, peminjam harus memiliki pekerjaan tetap jika ingin menggunakan aplikasi Finplus. Lalu, untuk cara daftarnya, ikuti petunjuk berikut ini:

  • Unduh Aplikasi Finplus di Google Play Store lalu buka aplikasinya.
  • Isi data diri lengkap.
  • Kemudian, pilih pinjaman sesuai yang diinginkan.
  • Setelah mengajukannya, tunggu dana dicairkan. Biasanya perlu menunggu maksimal 1×24 jam.

10. Ringan

Ringan

Aplikasi selanjutnya adalah Ringan yang juga merupakan pinjaman online yang aman dan berizin OJK. Peminjaman dari aplikasi ini memberikan penawaran maksimal yaitu sampai dengan Rp 20 juta dan tanpa agunan.

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini yaitu memiliki tenor yang fleksibel dan panjang, yaitu mulai dari 28 hari sampai dengan 1 tahun sehingga akan meringankan para peminjam dari aplikasi ini.

Bunga yang diberikan juga tergolong rendah yaitu hanya 0,05% per harinya. Syarat untuk mengajukan peminjaman yaitu harus memiliki KTP dan berdomisili di beberapa wilayah.

Diantaranya adalah Jabodetabek, Bandung, Serang, Cilegon, Kab Karawang, Semarang, Gresik, Surabaya, Medan, Yogyakarta, dan berbagai wilayah kota besar lainnya.

Selain itu, Anda perlu memiliki pendapatan yang stabil dengan gaji minimal Rp 3 juta tiap bulannya agar bisa disetujui mendapatkan pinjaman. Adapun untuk cara daftarnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Ringan, Anda bisa mengunjungi website resminya di ringan.co.id.
  • Selanjutnya, lengkapi nomor telepon, kata sandi, dan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS.
  • Jika sudah terverifikasi, Anda bisa mengisi formulir dengan lengkap.
  • Tunggu sampai proses selesai.
  • Ajukan pinjaman sesuai keinginan dan tunggu sampai proses pencairan dana berhasil.

Di website resminya, ada penjelasan terkait dengan syarat dan ketentuan lebih lanjut terkait dengan layanan pinjaman online ini. Jadi, pastikan untuk membacanya terlebih dahulu agar lebih aman dan memahami kebijakan yang diberikan.

11. Jenius Flexi Cash

Jenius-Flexi-Cash

Aplikasi pinjaman online terakhir yang sudah berizin OJK adalah Jenius Flexi Cash. Aplikasi ini adalah pilihan tepat bagi yang membutuhkan dana secara mendadak. Ada dana siaga yang disiapkan sampai Rp 50 juta.

Keunggulan lainnya dari Jenius Flexi Cash adalah bunga bulanan yang kompetitif, proses mudah dan cepat karena tidak memerlukan dokumen apapun untuk pencairan, serta dapat ditarik kapan saja sesuai kebutuhan.

Untuk mengajukan pinjaman, caranya juga cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Download aplikasi Jenius dan lakukan pendaftaran.
  • Klik menu Flexi Cash dan lengkapi data diri.
  • Tunggu sampai pengajuan diterima.

11 aplikasi pinjaman online tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dana siaga Anda yang cepat dan mudah. Selain itu, aplikasi tersebut juga sudah terdaftar OJK sehingga lebih aman.

 

Lihat Juga :