Home » Aplikasi » 14 Aplikasi Saham Terbaik dan Sudah OJK ( 100% Aman! )

14 Aplikasi Saham Terbaik dan Sudah OJK ( 100% Aman! )

Saat ini, investasi saham sudah mulai marak di kalangan anak milenial. Hal ini seiring berjalannya digitalisasi yang membuat adanya aplikasi saham menjadi lebih banyak. Saham dan reksa dana dapat menguntungkan untuk investornya.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah aplikasi yang digunakan harus sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hal ini untuk keamanan pengguna karena ada juga aplikasi investasi yang ternyata belum terdaftar yang dapat memiliki risiko membahayakan keuangan Anda.

Aplikasi Saham Terbaik

Bagi pemula yang ingin melakukan investasi dalam jumlah kecil, mungkin bingung aplikasi apa yang cocok untuk dipakai. Seperti yang telah diketahui, aplikasi saham adalah salah satu sumber pendapatan yang bisa menguntungkan Anda.

Bahkan, keuntungannya tidak main-main. Meskipun begitu, ada juga risiko yang membuat dana investasi menjadi berkurang. Penasaran apa saja aplikasi saham terbaik yang aman digunakan? Simak daftarnya dan apa saja kelebihan dari aplikasi ini.

1. Stockbit

Aplikasi saham pertama yang akan kita bahas adalah Stockbit. Aplikasi ini sering dipakai untuk pemula karena relatif aman dan mudah digunakan. Anda bisa mendapatkan aplikasi Stockbit melalui Play Store.

Kelebihan utama dari adanya aplikasi ini yaitu memiliki fitur Komunitas Online yang anggotanya adalah trader lain yang juga menaruh saham di aplikasi ini. Jadi, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk berdiskusi terkait masalah saham.

Jadi, tips dan trik yang ada di komunitas tersebut dapat dipakai untuk mempelajari bagaimana melakukan trader dan memilih reksa dana yang terbaik.

Hal ini karena dalam komunitas tersebut ada juga trader yang sudah ahli dan berpengalaman yang tidak segan-segan membantu dan menginformasikan ilmu yang mereka miliki. Biasanya, para trader profesional ini juga memberikan analisis teknikal yang membantu pengguna pemula.

Aplikasi saham yang cocok untuk pemula ini juga dapat memperlihatkan pergerakan bursa saham secara real time. Jadi, Anda bisa menganalisanya dengan baik untuk melakukan tindakan yang tepat untuk berinvestasi.

Aplikasi ini aman digunakan karena sudah OJK. Ada pula fitur keamanan yang menggunakan Touch ID untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi. Touch ID adalah fitur deteksi dari sidik jari ketika Anda ingin melakukan transaksi.

Jadi, tidak sembarangan orang bisa mengakses akun Anda.

2. Bibit

Bibit

Bibit adalah aplikasi saham yang populer dan banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini berasal dari perusahaan PT Bibit Tumbuh Bersama. Tak jarang, Anda menemui iklan Bibit di berbagai media sosial sampai Youtube.

Banyak juga artis maupun selebgram yang mempromosikan aplikasi ini. Lalu, apakah Bibit aman? Aplikasi ini juga sudah terdaftar di OJK sehingga aman untuk digunakan. Ada berbagai reksa dana yang bisa dipilih sesuai keinginan. Mulai dari obligasi sampai pasar uang.

Kelebihan dari Bibit yaitu memiliki fitur Robo Advisor yang akan membantu penggunanya dalam berinvestasi sesuai risiko yang ada. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan baik dan buruknya terlebih dahulu sebelum menentukan saham yang ingin dipilih.

Menariknya, Anda bisa berinvestasi dengan nominal uang yang kecil. Dengan begitu, resikonya juga kecil. Pendaftarannya dapat dilakukan secara online dan ada gratis biaya komisi pembelian reksa dana.

Investasi yang didapat juga bisa dicairkan kapanpun tanpa adanya penalty Inilah yang membuat Bibit banyak digunakan saat ini.

Baca :   Stumble Guys X Pokemon Mod Apk 0.39 Unlock All Skin Gratis

3. Bareksa

Bareksa

Bareksa merupakan marketplace yang digunakan untuk investasi dan tujuan finansial. Aplikasi saham ini adalah aplikasi investasi terintegrasi pertama yang ada di Indonesia.

Anda bisa membeli saham di Bareksa melalui dua bentuk yaitu reksadana dan bareksa. Sudah banyak produk reksadana yang ada di aplikasi ini yang berjumlah lebih dari 150. Selain itu, ada pula manajer investasi sebanyak lebih dari 50.

Untuk metode pembayarannya sendiri juga banyak bisa melalui rekening bank, m-banking, sampai dengan dompet digital. Hal ini akan memudahkan penggunanya untuk melakukan investasi yang mudah dan praktis.

Bareksa juga sudah diawasi oleh OJK sehingga aman dipakai. Ada juga Robo Advisor yang akan membantu penggunanya untuk mempertimbangkan berbagai produk reksadana.

4. IPOT

IPOT

Aplikasi saham berikutnya adalah IPOT. Aplikasi ini dibuat oleh PT Indo Premier Sekuritas yang menjamin keamanannya. IPOT juga sudah masuk dalam daftar aplikasi OJK. Untuk aplikasi ini ada juga fitur yang mirip dengan Robo Advisor yang bernama Robot Trading.

Tugasnya adalah untuk menjalankan perintah baik pembelian atau penjualan dengan harga yang diharapkan.

Kelebihan IPOT adalah tidak ada minimal depositnya sehingga Anda bisa menaruh saham atau berinvestasi meski dengan biaya yang kecil. Untuk mendaftar akun cukup menggunakan online dan masukkan nomor telepon maupun password.

Adapun untuk fee jual sahamnya adalah sekitar 0,29% sedangkan beli saham per transaksi akan dikenakan sebesar 0,19%.

5. RTI Business

RTI-Business

Rekomendasi aplikasi saham yang juga terdaftar OJK adalah RTI Business. Aplikasi ini sudah banyak dikenal oleh investor terutama yang sudah profesional.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memantau pergerakan pasar modal sehingga dapat menganalisis dan menentukan saham mana yang potensial untuk dipilih.

Tak hanya itu, RTI Business juga memiliki keunggulan yaitu adanya informasi yang cukup lengkap. Mulai dari income statement, cash flow, balance sheet, earning, growth, probability, dsb.

Adanya informasi yang lengkap ini sangat membantu Anda untuk menganalisis perusahaan yang ingin dijadikan target investasi. Anda bisa melihat perkembangan dari perusahaan tersebut dari 5 tahun terakhir sebelum menentukan apakah perusahaan ini pilihan yang tepat.

6. BCAS Best Mobile

BCAS-Best-Mobile

Aplikasi saham yang dibuat oleh BCA sekuritas adalah BCAS Best Mobile. Karena sudah dibuat oleh perusahaan besar, maka aplikasi ini sudah terjamin aman.

BCAS Best Mobile akan cocok dipakai untuk pengguna yang suka melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia. Tampilan dari aplikasinya sederhana dan mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

Jadi, tak heran jika aplikasi saham ini disebut sebagai aplikasi yang user friendly. Didukung pula dengan adanya fitur Quick Order yang membuat aplikasi ini mudah digunakan. BCAS Best Mobile menjadi pilihan bagi investor yang memiliki modal yang cukup tinggi.

Hal ini karena setiap investor yang ada di aplikasi ini harus melakukan deposit awal yaitu Rp 3 juta. Adapun untuk pembayaran tiap transaksinya adalah ada fee pembelian seharga 0,18%.

Lalu, ada juga fee jual sebesar 0,28%. Adapun bila Anda menggunakan jasa sales broker, maka pembayaran setiap transaksi menjadi lebih tinggi lagi. Untuk pembelian yaitu 0,25% dan fee jualnya mencapai 0,35%.

7. Ajaib

Ajaib

Aplikasi saham ini juga cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sudah diawasi secara resmi oleh OJK. Selain itu, Ajaib adalah pilihan yang cocok untuk orang yang masih belajar berinvestasi atau pemula.

Ajaib dibuat oleh dua perusahaan yaitu PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. Kedua PT ini sudah memiliki izin usaha dari badan hukum. Oleh sebab itu, aplikasi yang dibuat juga termasuk aman.

Baca :   Download VPN Turbo APK Video Bokeh Museum Terbaru 2022

Ada banyak pilihan reksadana yang ada di Ajaib. Keunggulan dari Ajaib yaitu dapat membuka rekening meski tidak membayar deposit awal. Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa dipakai oleh pemula atau orang biasa yang bukan pengusaha sekalipun.

Ajaib memiliki interface dan berbagai menu yang bisa dimengerti dengan mudah dan ini menjadi salah satu kelebihannya. Selanjutnya, biaya transaksi yang perlu dibayar lewat aplikasi ini tergolong terjangkau.

Fee transaksi hariannya sebesar 0,1% bagi transaksi di bawah Rp 150 juta. Lalu, apabila Anda melakukan transaksi harian yang lebih besar, maka biaya feenya akan jauh lebih rendah.

8. Mirae HOTS

Mirae-HOTS

Mirae HOTS adalah aplikasi yang biasa dipakai untuk trading dan investasi saham. Aplikasi ini dibuat PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, maka seringkali aplikasi Mirae HOTS disebut sebagai Mirae Asset sesuai dengan nama perusahaannya.

Mirae HOTS terbagi menjadi dua aplikasi yaitu ada HOTS yang merupakan kepanjangan dari Home Online Trading System. Aplikasi ini dapat diakses lewat PC atau laptop yang Anda miliki.

Kemudian, aplikasi yang kedua adalah NEO HOTS yang diperuntukkan mobile atau ponsel Anda. Jadi, Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan perangkat yang membuat Anda nyaman menggunakannya.

Frekuensi dan transaksi yang dilakukan oleh aplikasi ini cukup tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, Mirae HOTS dapat dikatakan sebagai aplikasi populer.

Adapun untuk jual beli saham setiap transaksi yang dilakukan harus membayar fee 025% untuk penjualan dan 0,15% untuk pembelian

9. MOST Mandiri

MOST-Mandiri

Sesuai dengan namanya, aplikasi saham ini dibuat oleh Mandiri Sekuritas. MOST merupakan singkatan dari Mandiri Online Stock Trading yang mengisyaratkan bahwa aplikasi ini dimanfaatkan untuk melakukan trading saham yang berbasis online.

Persyaratan untuk mendaftar MOST Mandiri adalah pengguna harus mempunyai rekening atau menjadi nasabah dari Mandiri Sekuritas. Baru, selanjutnya boleh untuk mendaftarkan diri di aplikasi MOST Mandiri.

Penggunaan aplikasi ini cukup memiliki banyak pilihan sesuai dengan kategori Anda. Ada yang mahasiswa, umum, dan full service. Semuanya memiliki setoran awal yang berbeda-beda. Berikut harganya:

  • Untuk mahasiswa, minimal setorannya adalah Rp 2 juta.
  • Untuk umum, minimal setorannya adalah Rp 5 juta.
  • Untuk full service, minimal setorannya adalah Rp 100 juta.

Adapun untuk fee transaksinya cukup terjangkau. Jual saham akan dikenakan fee sebesar 0,28% dan beli saham akan dikenakan biaya 0,18%.

10. Tanamduit

Tanamduit

Aplikasi berikutnya yang tidak kalah populer yaitu Tanamduit. Anda bisa menjadi investor untuk saham, SBN (Surat Berharga Negara), sampai asuransi daring.

Jadi, ada berbagai macam pilihan investasi yang disediakan oleh aplikasi Tanamduit. Di dalam aplikasinya juga tersedia fitur yang bernama One View Portfolio. Fitur ini hampir sama dengan aplikasi lainnya yang membuat pengguna dapat mengetahui pergerakan investasi.

Dengan demikian, dapat diketahui investasi apa yang potensial dan mana yang perlu dilepas.

11. Motions Trade

Motions-Trade

Selanjutnya adalah MNC Trade New atau yang saat ini diganti menjadi Motion Trade. Perusahaan pengembangnya adalah dari MNC Sekuritas yang termasuk dalam perusahaan MNC Group.

Aplikasi ini juga terbilang aman untuk digunakan karena memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Adapun untuk setoran awal berinvestasi di Motion Trade terbilang murah dan terjangkau.

Anda bisa menaruh setoran dari Rp 100 ribu saja untuk membuka rekening di Motion Trade. Kelebihan dari Motion Trade adalah banyaknya opsi pengunduhan yang bisa diterapkan untuk berbagai versi.

Baca :   Bling2 Apk MOD Premium Unlock All Room VIP Terbaru 2022 No Sensor

Ada Motion Trade versi desktop, mobile, Mac, sampai dengan smartwatch juga tersedia. Cukup lengkap bukan? Ada Untuk fee jualnya adalah 0,18 dan beli sahamnya memiliki fee per transaksi sebesar 0,18%.

12. Bions

Bions

BNI Sekuritas juga mengeluarkan aplikasi saham yang bernama BIONS. BIONS ini merupakan kepanjangan dari BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems. Aplikasi BIONS aman digunakan dan memiliki fee transaksi yang cukup rendah.

Untuk transaksi beli saham adalah 0,17% dan untuk transaksi jualnya sebesar 0,27%. Dengan menggunakan aplikasi BIONS, Anda sudah mendapatkan fitur terbaik. Diantaranya adalah Fingerprint Login yang digunakan untuk sekuritas keamanan akun Anda.

Selanjutnya, ada order otomatis yang bisa disimpan selama 30 hari. Berikutnya, juga ada fitur tambahan yang berguna untuk membantu Anda untuk mempelajari saham.

Contohnya adalah fitur research, news, chart, analisis teknikal, grafik harga, sampai berita yang berkaitan dengan saham dan trading secara real time.

Silahkan untuk selalu memperhatikan update dari fitur tersebut untuk mendapatkan masukan dan analisis yang membantu untuk investasi Anda.

13. Poems ID

Poems-ID

Aplikasi selanjutnya adalah Poems ID yang berasal dari PT Phillip Sekuritas Indonesia. Poems ID termasuk aplikasi yang termasuk dalam perusahaan Phillip Capital Group yang ada di Singapura.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, hal yang perlu dilakukan adalah menjadi nasabah dari Phillip Sekuritas. Ada dua kategori pengguna yang disesuaikan dengan setoran awal dalam pembuatan rekening.

Kategori tersebut adalah mahasiswa yang perlu membayar deposit sebesar Rp 100 ribu. Sedangkan untuk kategori umum, harus membayar deposit minimal Rp 500 ribu. Lalu, bagaimana dengan fee tiap transaksinya? Untuk fee pembelian harus membayar 0,18%.

Adapun untuk fee penjualan yaitu sebesar 0,28%. Untuk mendaftar aplikasi ini, ikuti petunjuk berikut:

  • Kunjungi website dari Poems resmi.
  • Selanjutnya, pilih jenis rekening.
  • Isi data diri sesuai yang diminta dengan lengkap.
  • Upload dokumen yang menjadi syarat.
  • Selanjutnya, unduh dan print formulir yang sudah diisi.
  • Silahkan untuk melakukan penandatanganan di atas materai.
  • Lalu, kirim formulir tersebut beserta dokumen yang menjadi syaratnya ke kantor dari PT Phillip Sekuritas.

14. SimInvest

SimInvest

SimInvest adalah aplikasi investasi yang dilakukan secara online. Aplikasi ini dibentuk oleh PT Sinarmas Sekuritas. Perusahaan ini sudah dijalankan selama 30 tahun lebih. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa perusahaan sudah profesional.

SimInvest juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, ini merupakan alternatif pilihan untuk menggunakan aplikasi investasi dan saham Anda.

Setelah terbukti sudah diawasi oleh OJK, menandakan bahwa aplikasi ini sudah terjamin legalitasnya sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang. Ada hak investor juga yang dapat dijalankan dengan baik oleh aplikasi ini.

Menariknya, aplikasi ini sudah terbukti legal dengan diterbitkannya ISO 27001 yang dimiliki aplikasi. ISO tersebut mengartikan bahwa aplikasi ini sudah diakui secara global. Datanya sudah terjamin aman sehingga nasabah tidak perlu khawatir beinvestasi di SimInvest.

Pembukaan rekening ini juga cukup cepat bahkan tidak sampai hitungan hari. Kira-kira beberapa jam setelah terdaftar, Anda sudah bisa mendapatkan rekening dana saham. Jika tertarik bisa diunduh aplikasi SimInvest lewat Google Play Store.

Dari rekomendasi aplikasi saham di atas, Anda dapat memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam berinvestasi. Aplikasi yang dipilih harus yang dapat menekan kerugian dan memaksimalkan keuntungan yang diinginkan.

 

Lihat Juga :