Home » Aplikasi » Syarat dan Cara Daftar Umkm Bri Online Serta Cairkan BLT 1,2 JT

Syarat dan Cara Daftar Umkm Bri Online Serta Cairkan BLT 1,2 JT

bp2jksumut.co.id – Buat kalian yang ingin mendapatkan bantuan UMKM dan ingin mengisi formulir bisa menyimak artikel ini. Karena disini kami akan memberikan panduan lengkap mengenai syarat, jenis-jenis dan cara daftar UMKM BRI online lewat HP dan PC.

Tidak pernah dibayangkan sebelumnya bahwa pandemi Covid-19 ini akan melanda bumi kita ini. Bukan hanya di Indonesia saja melainkan juga diberbagai negara.

Akibat dari melebarnya virus ini kemana-mana karena penularannya yang sangat cepat sekali, ini mmebuat salah satu upaya pencegahannya adalah dengan lockdown yang mana ini sangat berdampak bagi perumbuhan ekonomi diberbagai negara.

Saat ini kita bisa melihat banyak sekali para pengusaha yang harus gulung tikar karena tidak bisa lagi bertahan dengan situasi ditengah pandemi ini.

Pandemi kali ini sangat tidak bisa diprediksi kedatangannya dan mau tidak mau kita harus bisa bertahan hidup ditengah pandemi yang sedang melanda. Menurut data yang dipaparkan oleh Bank Indonesia. Saat ini ada sekitar 12.5% UMKM atau usaha mikro, kecil dan menenagh yang bisa bertahan di Indonesia.

Walaupun data tersebut belum mencapai 50% namun ini membuktikan bahwa UMKM di Indonesia masih melakukan berbagai inovasi agar usahanya masih terus berjalan. Cara yang banyak dilakukan adalah dengan memanfaatkan Teknologi dan Digitaliasi yang apa bila dimanfaatkan bisa berdampak sangat besar bagi bisnis yang sedang dijalani.

UMKM ini saat ini sedang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah karena UMKM ini adalah kelompok usaha yang bisa membantu roda perputaran ekonomi di Indonesia.

Maka dari itu pemerintah sendiri saat ini akan selalu mendukung dan salah satu bentuk dukungannya adalah dengan memberikan bantuan uang tunai atau bisa disebut dengan dana hibah agar para UMKM ini yang kekurangan modal bisa tetap bertahan.

Bantuan ini disalurkan melalui Bank BRI bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara mendaftarnya bisa langsung saja simak pembahasan kali ini mengenai Cara Daftar Umkm Bri Online.

Apa itu UMKM ?

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi mengenai bagaimana cara mendaftar UMKM ini, ada baiknya kita mengenal lebih dalam lagi mengenai UMKM ini karena bisa jadi dari para pembaca yang mengunjungi artikel kali ini masih belum mengerti dan paham mengenai UMKM.

UMKM adalah kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil Menengah yanga mana ini merupakan sebuah badan usaha milik perorangan atau kelompok yang mana penghasilannya dari usaha tersebut paling banyak mencapai 2,5 miliar per tahunya. Badan Usaha ini dioperasikan oleh rumah tangga, indovidu ataupun usaha yang masih kecil.

Badan usaha bisa digolongkan menjadi UMKM ini bisa dilihat dari omset yang didapatkan pertahunya. Tidak hanya itu saja, jumlah kekayaan dan juga aset yang dimiliki juga termasuk dalam kriteria penggolongan. Kemudian usaha yang tidak masuk dalam golongan tersebut atau golongan UMKM maka dianggap sebagai katagori usaha besar.

Usaha besar disini maksudnya adalah kegiatan ekonomi yang produktif dan dilakukan oleh sebuah badan usaha dengan penghasilan dan kekayaan bersih melebihi usaha menengah. Contohnya saja seperti BUMN atau usaha miliki swasta, patungan dan usaha asing yang aktivitas ekonominya di Indonesia.

Jenis-Jenis UMKM

Jenis-Jenis UMKM

Setelah anda mengetahui secara singkat mengenai pengertian dari UMKM maka saat ini anda juga harus mengetahui mengenai jenis – jenis dari UMKM ini. Perlu anda ketahui bahwa UMKM sendiri dibagi mejadi tiga kelompok berikut dibawah ini kami akan menjelaskannya untuk anda.

1. Usaha Mikro

usaha Mikro yang dimaksud disini adalah merupakan kegiatan bisnis yang milik perorangan ataupun badan usaha perorangan. Omzet yang didapatkan dari usaha tersebut sekitar 300 juta pertahunnya. kemudian total aset bersih yaitu maksimal sebanyak 50 juta selain aset tanah dan abngunan yang dipunya.

2. Usaha Kecil

UMKM Selanjutnya ini merupakan Usaha kecil yang mana ini merupakan usaha yang berdiri sendiri. dilakukan badan usaha atau perorangan yang mana bukan dari anak sebuah perusahaan atau cabang perusahan yang perusahaan tersebut usaha menengah atau usaha besar.

Bagi jenis usaha kecil ini biasanya punya kekayaan yang jumlah bersihnya dari 50 juta atau bisa juga sampai 500 juta dan dengan jumlah penjualan pertahunnya sekitar 300 juta sampai 2,5 miliar.

3. Usaha Menengah

Selanjutnya adalah Usaha Menengah yang aman ini masuk ke kriteria ini merupakan usaha yang dilakukan oleh perorangan dan berdiri sendiri atau bisa juga badan uasaha yang bukan merupakan bagian dari sebuah anak perusahaan atau cabang sebuah perusahaan.

Jumlah kekayaan bersih yang dimiliki berjumlah 500 juta pertahunnya dan omzet sekitar 2,5 miliar sampai 50 miliar pertahun. Jika anda ingin mengetahui ciri dari usaha menengah ini, anda bisa melihat dari legalitas, karena biasanya usaha menengah mempunyai legalitas dan sudah terdaftar pada badan terkait.

Syarat Daftar UMKM BRI Online

Syarat Daftar UMKM BRI Online

Seperti yang sudah kami jelaskan kepada anda bahwa para pelaku UMKM ini akan mendapatkan bantuan dengan jumlah 2,4 Juta dan disalurkan dnegan melalui bank BRI. Sebenarnya anda bisa melakukan cek terdaftar atau tidaknya dengan link https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum.

Jika anda sudah daftar dan tidak masuk dalam daftar penerima, maka anda bisa mendaftar dengan menggunakan lembaga lainnya contohnya saja seperti lembaga – lembaga yang ada dibawah ini.

  •  Koperasi yang sudah disahkan sebagai Badan Hukum
  • Dinas Kota atau Kabupaten yang bertanggug jawab dengan Koperasi atau UMKM
  • Kementerian dan lembaga terkait
  • Bank dan perusahaan pembiayaan yang sudah terdaftar dalam ojk

Anda bisa mendaftarkan melalui lembaga – lembaga yang sudah kami jelaskan diatas. Baiklah sebelum mendaftar tentunya and harus mengetahui terlebih dahulu mengenai syart apa saja yang harus anda penuhi. Berikut dibawah ini kami akan menjelaskan syarat – syaratnya.

  • Anda harus terdaftare sebagai Warga Negara Indonesia dengan bukti mempunyai KTP pribadi
  • Anda tidak sedang mempunyai masa kredit atau penerima modal pada bank lain.
  • Tidak berasal dari ASN atau aparatur sipil negara contohnya seperti Polri/TNI kemudian pegawai BUMNdan yang sejenisnya.
  • Siapkan Kartu Keluarga dn juga KTP
  • Anda harus memiliki nomer yang aktif
  • Punya usaha mikro contohnya warng nasi, jual orengan, bengkel, menjahit, berdagang dan berbagai macam usaha mikro lainnya.
  • Jika mempunyai usaha yang tidak sesuai dengan domisilnya maka harus menyertakan SKU atau Surat Keterangan Usaha.

Cara Daftar UMKM Bri Online Lewat HP

Cara Daftar UMKM Bri Online

Sebelum anda daftar tentunya anda harus menyiapkan persyaratan yang harus anda penuhi, Silahkan siapkan persyaratan yang ada, kemudian anda bisa melanjutkan dengan daftar dan berikut dibawah ini kami akan menjelaskan caranya untuk anda.

  1. Masuk terlebih dahulu ke aplikasi BRI Online pad hp anda dan selanjutnya klik menu UMKM. Atau jika anda merasa ini cara yang ribet bisa langsung untuk datang ke kantor cabangnya saja.
  2. Jika sudahmasuk, selanjutnya akan muncul formulir yang harus anda isi. Data tersebut meliputi nomer NIK KTP, Nama Lengkap anda, TTL alamat yang sesuai dengan KTP, Bidang usaha yang dipunya dan nomor telpon aktif yang bisa dihubungi.
  3. Apabila anda sudah selesai mengisikan data yang harus diisi, anda harus tunggu SMS atau telpon dari pihak CS. Ini dikarenakan walapun anda daftarnya Online, anda harus tetap saja untuk datang ke kantor BRI terdekat untuk melanjutkan pendaftaran.
  4. Jika anda sudah dapat SMS atau telpon dari pihak BRI maka anda  langsung saja untuk datang ke BRI terdekat dan mengantri sesuai dengan nomor antrian yang anda dapatkan.
  5. Saat nomor antrian anda sudah dipanggil, langsung saja untuk datang ke CS dan anda bilang kalau sudah melakukan pendaftaran dengan online melalui website BRI.
  6. Pihak CS nantinya akan mengarahkan anda untuk isi formulir dan meminta dokumen yang anda isikan dalam form online tadi.
  7. Jika dokumen anda sudah diperiksa, selanjutnya anda akan diarahkan untuk membuat rekening BRI dulu. Pembuatan rekening ini jika para pelaku UMKM belum mempunyai rekening BRI
  8. Jika anda sudah mempunyai rekening BRI maka anda hanya perlu menunggu saja dan dana tersebut nantinya akan dikirimkan ke rekening anda pada hari kerja.
  9. Namun sebelum dana tersebut dikirimkan ke rekening anda, maka biasanya pihak ank akan survey lokasi terlebih dahulu agar memastikan dan mempunyai data pendukung.
  10. Jika sesuai dengan sasaran, maka dana UMKM biasanya akan segera cair dan anda bisa menggunkan dana tersebut untuk modal usaha.

Keuntungan Daftar UMKM BRI Online

Keuntungan Daftar UMKM BRI Online

Apabila anda sudah berhasil melalui proses pendaftaran dari UMKM BRI Online ini tentunya ada keuntungan yang akan anda dapatkan dan berikut dibawah ini merupakan keuntungannya yang bisa anda rasakan.

1. Proses Pendaftaran Cepat dan Mudah

Ketika anda sudah memutuskan ingin daftar dnegan melakukannya secara online, bisa anda raakan sendiri bahwa prosesnya ini terbilang cepat dan mudah untuk dilakukan. Dokumen – dokumen yang harunya digunakan juga tidak susah untuk didapatkan karena sudah pasti anda mempunyai dokumen yang dibutuhkan tersebut.

Hal yang paling penting adalah persyaratan yang anda gunakan harus sesuai yang sudah ditentukan oleh pihak bank BRI dan jika syaratnya memenuhi maka anda bisa mendapatkan dana tersebut tidak lebih dari 7 hari kerja.

2. Jumlah Modal yang Besar Untuk Pengembangan Usaha

Seperti yang sudah kmai jelaskan kepada anda bahwa pendaftaran UMK BRI ini diberikan untuk para pemilik USaha Mikro Kecil dan menengah saja yang bisa mendaftranya. Hal ini tentunya sesuai dengan tujuan diadkannya pembagian dana ini yang mana untuk membantu para pemilik usaha kecil supaya bisa ebih meningkatkan lagi usahanya.

Sehingga bagi anda yang mempunyai usaha sperti ini, contohnya pedagang kecil, pemilik warung atau penjahit dan berbagai macam lainnya bisa langsung saja untuk daftar dan anda juga harus memastikan bahwa usaha anda ini sudah berjalan kurang lebih selama 6 bulan.

3. Tidak Terdapat Biaya Administrasi

Disini anda tidak perlu khawatir  jika dalam prosesnya anda akan membayar biaya administrasi, karena anda tidak perlu membayar sepeserpun.

Bagi anda yang sudah mendaftar dan diterima sebagai penerima dana UMKM nantinya anda akantetap menerima dana sejumlah angka yang sudah diberikan tanpa ada potongan sedikitpun. Bagaimana ini termasuk kabar baik dan anda harus memanfatkan moment yang satu ini.

Penutup

Informasi yang sangat penting bagi anda pastinya apalagi jika anda termasuk salah satu pelaku UMKM dan sudah memenuhi syarat untuk mendaftar.

Lebih baik anda mendaftarkannya agar anda mendapatkan modal tambahan untuk usaha anda. Baiklah terimakasih sudah membaca artikel kali ini yang berjudul Cara Daftar Umkm Bri Online. Semoga membantu!

Baca :   Raging Thunder 2 Mod Apk Unlimited Money + Unlock All Cars