Home » Aplikasi » Cara Cek Bansos PKH Lewat HP Secara Online Di Website Resmi

Cara Cek Bansos PKH Lewat HP Secara Online Di Website Resmi

Imigrasilampung.co.id – Cek bansos PKH merupakan proses pengecekan status bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan) yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan.

PKH merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bantuan keuangan kepada keluarga miskin di Indonesia untuk membantu meningkatkan kualitas hidup mereka. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan simak informasi berikut ini.

Sedikit Fakta Menarik Mengenai Pemahaman Cara Cek Bansos PKH

Bantuan ini diberikan kepada keluarga miskin yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan, yang merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk memberikan bantuan keuangan kepada keluarga miskin di Indonesia.

Untuk mengecek status bansos PKH, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya :

  • Melalui Aplikasi Dapodikmen
  • Melalui Aplikasi BPNT
  • Melalui Website PKH
  • Melalui Kecamatan
  • Melalui Dinas Sosial

Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Sebaiknya pilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Langkah

Begini Cara Cek Bansos PKH 2023 Lewat HP Secara Online

Cara Cek Bansos PKH Melalui Website Dengan Mudah 2023

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengecek status bantuan PKH kamu, kamu bisa menghubungi tim layanan PKH melalui telepon atau email yang tercantum di situs web PKH.

Untuk mengecek status bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH), kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka situs web PKH.
  2. Klik tombol “Masuk” atau “Login” yang ada di bagian atas halaman.
  3. Masukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan password yang telah kamu daftarkan. Jika belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol “Daftar“.
  4. Setelah berhasil masuk, akan tampil halaman dashboard PKH kamu. Di sini, kamu bisa mengecek status bantuan yang telah kamu terima dengan mengklik menu “Laporan” di bagian kiri halaman.
  5. Pada menu “Laporan“, kamu akan menemukan informasi mengenai jumlah bantuan yang telah Anda terima, beserta tanggal penerimaan bantuan tersebut.
Baca :   Link Video Viral 41 Detik Lagi Telponan Dipaksa No Sensor

Kamu  juga bisa menghubungi kantor kelurahan atau camat di tempat tinggal kamu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Setelah ini silahkan juga kamu simak informasi mengenai syarat dan tujuan bansos PKH.

Beberapa Cara Lain Untuk Melakukan Cek Bansos PKH 2023

Cara Cek Bansos PKH Melalui Website Dengan Mudah 2023

Tujuan dari PKH adalah untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia dengan memberikan bantuan keuangan kepada keluarga yang membutuhkan. Bantuan sosial yang diberikan dalam program PKH dapat berupa bantuan keuangan maupun bantuan non-keuangan, tergantung pada kebutuhan keluarga yang bersangkutan.

Untuk mengajukan permohonan PKH, keluarga yang membutuhkan bantuan harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Jika keluarga tersebut memenuhi syarat-syarat tersebut, maka keluarga tersebut bisa mengajukan permohonan PKH di kantor kelurahan atau camat di tempat tinggalnya.

Setelah permohonan diajukan, maka keluarga tersebut akan diuji oleh tim penilai PKH untuk memastikan apakah keluarga tersebut memang membutuhkan bantuan sosial.

Jika dinyatakan memenuhi syarat, maka keluarga tersebut akan diberikan bantuan sosial sesuai dengan kebutuhan yang telah ditentukan.

1. Nominal Dari Bantuan PKH

Nominal bantuan sosial yang diberikan dalam Program Keluarga Harapan (PKH) tergantung pada kebutuhan keluarga yang bersangkutan. Pemerintah menetapkan besaran bantuan sosial PKH berdasarkan indeks kemiskinan di wilayah tempat tinggal keluarga tersebut.

Untuk bantuan keuangan, besaran nominal yang diberikan dalam PKH biasanya bervariasi tergantung pada indeks kemiskinan di wilayah tempat tinggal keluarga tersebut.

Namun, secara umum, besaran nominal bantuan keuangan dalam PKH berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 per bulan.

Sedangkan untuk bantuan non-keuangan, besaran nominal yang diberikan dalam PKH juga bervariasi tergantung pada kebutuhan keluarga yang bersangkutan. Namun, secara umum, besaran nominal bantuan non-keuangan dalam PKH berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per bulan.

Perlu dicatat bahwa besaran nominal bantuan sosial dalam PKH dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan informasi terkini mengenai nominal bantuan sosial dalam PKH, kamu bisa mengecek di situs web PKH atau menghubungi tim layanan PKH melalui telepon atau email yang tercantum di situs tersebut.

2. Cara Daftar Bpnt (Bantuan Pangan Non Tunai)

BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) adalah program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bantuan keuangan kepada keluarga miskin di Indonesia untuk membeli makanan.

Baca :   Surgeon Simulator Mod APK + Link Download Terbaru v2

Bantuan ini diberikan kepada keluarga miskin yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH). BPNT merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk memberikan bantuan pangan kepada keluarga miskin di Indonesia.

Dengan cara menggantikan bantuan pangan tunai yang biasa diberikan dengan bantuan pangan non tunai, yaitu dengan cara menggunakan kartu elektronik (e-card).

Berikut adalah cara daftar BPNT :

  • Pastikan kamu memenuhi syarat yang ditentukan oleh pemerintah untuk menerima bantuan pangan non tunai, yaitu merupakan keluarga miskin terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan belum menerima bantuan pangan non tunai.
  • Bawa surat keterangan miskin (SKM) atau surat keterangan kemiskinan (SKPK) yang dikeluarkan oleh pemerintah ke camat atau dinas sosial setempat.
  • Datang ke camat atau dinas sosial setempat dengan membawa surat keterangan miskin (SKM) atau surat keterangan kemiskinan (SKPK) yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  • Isi formulir pendaftaran yang disediakan oleh camat atau dinas sosial.
  • Tunjukkan identitas diri yang masih berlaku, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Izin Mengemudi).
  • Tunggu hingga proses verifikasi selesai dan Anda akan menerima kartu e-card BPNT jika terverifikasi sebagai penerima bantuan.
  • Gunakan kartu e-card BPNT untuk membeli makanan di toko yang terdaftar dalam program BPNT.

Perlu diingat bahwa cara daftar BPNT di setiap daerah mungkin berbeda-beda. Sebaiknya selalu cek dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh camat atau dinas sosial setempat.

3. Cara Daftar Bantuan PKH Melalui Aplikasi Cek Bansos

Untuk mendaftar bantuan sosial dalam Program Keluarga Harapan (PKH) melalui aplikasi Cek Bansos, kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut :

  1. Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi Cek Bansos dan masuk dengan menggunakan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan password yang telah kamu daftarkan. Jika belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol “Daftar“.
  3. Setelah berhasil masuk, akan tampil halaman dashboard Cek Bansos. Di sini, kamu bisa mengajukan permohonan PKH dengan mengklik tombol “Daftar PKH” yang ada di bagian bawah halaman.
  4. Setelah mengklik tombol “Daftar PKH“, akan muncul formulir pendaftaran PKH yang harus diisi. Formulir tersebut akan menanyakan informasi mengenai diri kamu, keluarga kamu, dan kebutuhan bantuan sosial yang kamu butuhkan.
  5. Setelah mengisi formulir pendaftaran PKH, kamu bisa mengirimkan permohonan dengan mengklik tombol “Kirim” yang ada di bagian bawah formulir.
Baca :   Higgs Domino Mod Apk X8 Speeder Unlimited Money Terbaru 2022

Setelah permohonan diajukan, maka permohonan kamu akan diverifikasi oleh tim penilai PKH untuk memastikan apakah kamu memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial.

Jika dinyatakan memenuhi syarat, maka kamu akan diberikan bantuan sosial sesuai dengan kebutuhan yang telah ditentukan.

Syarat-Syarat Wajib Sebelum Kamu Mendaftar Bansos PKH

Cara Cek Bansos PKH Melalui Website Dengan Mudah 2023

Perlu dicatat bahwa untuk bisa mendaftar bantuan sosial dalam PKH melalui aplikasi Cek Bansos, kamu harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Syarat-syarat tersebut antara lain adalah :

  • Kamu harus terdaftar sebagai keluarga penerima bantuan sosial (KPS) atau Keluarga Tidak Mampu (KTM).
  • Memiliki kartu keluarga (KK) yang masih berlaku.
  • Wajib tinggal di wilayah yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai wilayah prioritas PKH.
  • Sudah memiliki anggota keluarga yang memenuhi kriteria tertentu, seperti anggota keluarga yang sakit, tidak mampu bekerja, atau lansia.

Jika kamu tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan untuk mendaftar bantuan sosial dalam Program Keluarga Harapan (PKH) melalui aplikasi Cek Bansos.

Cara Mengajukan Permohonan PKH Di Kantor Camat Setempat

Maka kamu bisa mencoba mendaftar PKH melalui cara lain, seperti mengajukan permohonan di kantor kelurahan atau camat di tempat tinggal kamu.

Untuk mengajukan permohonan PKH di kantor kelurahan atau camat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Kunjungi kantor kelurahan atau camat di tempat tinggal kamu.
  2. Mintalah bantuan petugas di kantor tersebut untuk mengajukan permohonan PKH. Petugas akan memberikan formulir pendaftaran PKH yang harus diisi.
  3. Isi formulir pendaftaran PKH dengan informasi mengenai diri kamu, keluarga kamu, dan kebutuhan bantuan sosial yang kamu butuhkan.
  4. Setelah mengisi formulir pendaftaran PKH, tandatangan formulir tersebut dan serahkan kembali ke petugas di kantor kelurahan atau camat.
  5. Setelah permohonan diajukan, maka permohonan kamu akan diverifikasi oleh tim penilai PKH untuk memastikan apakah kamu memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mendaftar PKH atau memiliki pertanyaan lain mengenai program ini, kamu bisa menghubungi tim layanan PKH melalui telepon atau email yang tercantum di situs web PKH.

Simak Juga: