Hasil Survei Kepuasan Masyarakat

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai bagian dan tanggung jawab pemerintah untuk mencapaian tujuan kesejahteraan masyarakat, telah diatur dalam UU. No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dalam Undang-undang tersebut disebutkan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang – undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang dan jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik, karena penyelenggara berkewajiban melaksanakan evaluasi tentang kinerja pelaksana di tingkat organisasi secara bertahap dan berkelanjutan, evaluasi secara berkala di harapkan dapat mendorong pemerintah daerah terutama intansi penyelenggara pelayanan publik untuk terus meningkatkan lembaga, salah satu kegiatan yang harus di laksanakan adalah evaluasi pelayanan publik melalui pengukuran indeks kepuasan masyarakat (IKM), sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Peneyelenggara Pelayanan Publik.

 

Sebagai salah satu dari 9 (sembilan) Balai Pilot Project Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) TA. 2021 di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Wilayah Sumatera Utara berkomitmen penuh dalam Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Salah satu wujud komitmennya adalah pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan untuk perbaikan kinerja BP2JK Wilayah Sumatera Utara kedepannya.

 

 

Tujuan survei kepuasan masyarakat adalah untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan menghasilkan kualitas pelayanan dari unit penyelenggara pelayanan publik yang menjadi sasaran survei.

 

Survei kepuasan masyarakat dilakukan secara online kepada 51 responden yang merupakan perwakilan Pejabat Pembuat Komiten (PPK) dari unit organisasi teknis di lingkungan BP2JK Wilayah Sumatera Utara. Dari 51 (lima puluh satu) responden yang ditargetkan, yang berpartisipasi mengisi kuesioner secara daring (online) dengan lengkap sebanyak 41 (empat puluh satu) orang.

 

Sebelum melakukan analisis terhadap tingkat kepuasan layanan dibidang pengadaan barang/jasa, akan disajikan gambaran data deskripsi responden. Deskripsi responden tersebut berdasarkan Nama lengkap, No telepon, Pendidikan terakhir, Unit Organisasi, Unit Kerja (Balai), dan Jabatan yang dipaparkan dalam bentuk grafis berikut :

 

 Nama lengkap 41 responden

Gambar 2.1 Nama Lengkap Responden
Gambar 2.1 Nama Lengkap Responden
Gambar 2.2 No Telepon/HP responden
Gambar 2.2 No Telepon/HP responden
Gambar 2.3 Pendidikan Terakhir responden
Gambar 2.3 Pendidikan Terakhir responden
Gambar 2.4
Gambar 2.4 Unit Organisasi Responden
Gambar 2.5 Unit Kerja (Balai responden)
Gambar 2.5 Unit Kerja (Balai responden)

Hasil Survei Kepuasan Layanan

 

No.

Pertanyaan

IKM (%)

1.

Dalam proses pengusulan paket, bagaimana pedapat Anda tentang kesesuaian persyaratan yang diminta dengan peraturan yang berlaku?

 

3,0%

2.

Bagaimana pendapat Anda tentang kemudahan prosedur dalam pelaksanaan pemilihan penyedia yang dilaksanakan oleh BP2JK Sumut?

2,9 %

3.

Bagaimana pendapat Anda tentang ketepatan waktu BP2JK Wilayah Sumut dalam melaksanakan proses Tender/Seleksi?

2,4%

4.

 

Bagaimana pendapat Anda tentang kualitas hasil pelaksanaan tender/seleksi di BP2JK Wilayah Sumut?

2,7%

5.

Bagaimana pendapat Anda tentang kompetensi pokja pemilihan BP2JK Wilayah Sumut dalam melaksanakan proses tender/seleksi?

3,0%

6.

Bagaimana pendapat Anda tentang prilaku pokja pemilihan dalam berkomunikasi selama proses tender/seleksi berlangsung?

2,8%

7.

Bagaimana pendapat Anda tentang prilaku tim administrasi dalam berkomunikasi selama proses tender/seleksi berlangsung?

2,9%

8.

Bagaimana pendapat Anda tentang tindak lanjut dari sanggah, sanggah banding, pengaduan, saran serta masukan yang pernah diberikan ke BP2JK Wilayah Sumut?

2,8%

9.

Bagaimana menurut anda kualitas sarana dan prasarana yang tersedia untuk mendukung proses tender/seleksi? (contoh: SPSE & sarana tanya jawab)

3,1%

TOTAL

2,84%

Pada pelakasanaan survei kepuasan masyarakat juga dimintakan saran dan
masukan terhadap pelayanan di BP2JK Wilayah Sumatera Utara.

 

 

No Saran dan Masukan
1 Jawaban kuisoner bukan merupakan penilaian terhadap semua pokja ….sebagian besar bisa kitakan baik dalam kinerja dan komunikasi
2 Agar lebih meningkatkan Kinerja
3 Tingkatkan koordinasi dengan pengguna jasa
4 Agar BP2JK dibantu dengan SDM secara kuantitas dan kualitas
5 Kualitas SDM Pokja agar ditingkatkan.
6 Kedepan lebih baik lagi dan slalu berkomunikasi dengan pengguna jasa ( PPK) agar didapat penyedia jasa yg benar 2x bisa melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dengan persyaratan 2x yg sudah ditentukan dlm dokumen tender tks
7 Agar pelaksanaan tender/seleksi bisa lebih dipercepat
8 Pelayanan sudah baik dan mumpuni.
9 Pelayanan di BP2JK Sumut sudah baik sehingga menghasilkan Penyedia Jasa yang baik
10 Kantor nya kurang memadai sangat sempit dan kurang representatif, perlu pindah ke kantor yg memadai
11 Untuk komunikasi mohon lebih fleksibel
12 Lebih ditingakatkan lagi kwalitasnya
13 Menigkatkan SDM dalam bidang pelaksanaan Tender dan penguasaan terhadap pekerjaan yang ditenderkan.  Agar evaluasi sesuai jadwal tender supaya tidak terlambat
14 Yg dimenangkan, ternyata tdk memiliki pengalaman
15 Utk Pokja yg kurang penguasaan kopetensi/teknis yg di lelang mohon diskusi dgn owners, jgn asal & sok tahu dgn paket yg dilelangkan, sehingga tdk terjadi penolakan hasil BHAP oleh KPA/PA, kita semua masih satu Institusi PUPR & saling keterkaitan
16 Agar dalam proses evaluasi di selidiki juga profil dan sepak terjangnya dalam melaksanakan project sebelumnya.
17 Sudah baik
18 sebaiknya pokja lebih berani menggugurkan penawaran yg dibawah angka 80%
19 Ketepatan waktu dalam evaluasi sangat penting dan minimalkan untuk pengunduran jadwal pelaksanaan tender
20 Supaya lebih ditingkatkan lagi apa yg sudah dicapai sekarang, prioritaskan paket2 yg harus segera kontrak seperti longsoran dll.
21 Sebaiknya dalam memilih calon pemenang hendaknya BP2JK mengacu kepada rekam jejak penyedia bukan melulu administrasi semata
22 Bekerja harus lebih profesional
23 Hendaknya BP2JK mengutamakan kualitas kontraktor yang baik
24 Saran dan masukan, agar jadwal yang telah ditentukan sejak awal tidak berubah lagi, sehingga penandatanganan kontrak sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.
25 Evaluasi seluruh pokja, tempatkan sesuai dengan tupoksi dan pemahaman masing2 anggota,. Traine kembali pokja, jika perlu seluruhnya diganti dahulu agar tdk ada kepentingan.
26
27 Agar menyampaikan info tentang tahapan2 proses pengadaan tersebut
28 Perbaiki kualitas Anggota Pokja dalam memahami peraturan dan pilih yg memiliki integritas
29 Perlu menambah personil supaya bebannya lebih ringan sehingga waktunya lebih cepat
30 Dengan banyaknya jumlah paket yang dilelangkan agar jumlah pegawai atau tim pokja di BP2JK diperbanyak sehingga pemenuhan waktu evaluasi sesuai target.
31 Usahakan mengikuti jadwal, seringnya perubahan jadwal terkait dengan pembuktian dan penetapan
32 UNTUK KONSISTEN DALAM MELAKSANAKAN TAHAPAN SPT WAKTU YG TELAH DITENTUKAN POKJA TERMASUK KLARIFIKASI YG DILAKSANAKAN HARUS SDH DAPAT MEMINIMALISIR TERJADINYA PERBEDAAN DATA.
33 Sering sekali BAHP yg diterima oleh PPK tidak lengkap. Antara lain : a. BA Klarifikasi teknis dan kewajaran harga beserta LAMPIRAN b. BA Klarifikasi harga timpang beserta LAMPIRAN Saran : Agar dokumen tsb dilengkapi oleh Pokja dan kegiatan Klarifikasi tidak dilaksanakan sekedar formalitas dan tanpa usaha menggali lebih detail kemampuan calon penyedia. Sehingga diperoleh Calon Penyedia yg berkualitas
34 Perlu penambahan sumber daya manusia yg berasal dari jakarta
35 Proses tender lebih cepat dan tidak berlaeut larut
36 Agar proses lelang sesuai jadwal dan prosedure saran kami jlh personil pokja ataupun team pendukung dapat ditambah. Ketidak sesuaian jadwal menurut kami krn jumlah paketyg hrs ditangani BP2JK tdk porposional dgn personil yg ada
37 Harus lebih tepat waktu, lebih komunikatif, dan bertindak bersih
38 Agar penjadwalan tender lebih baik lagi
39 Mohon agar seluruh proses tender untuk tahun depan dilaksanakan di pusat jakarta…agar teman2 dari TIM POKJA BP2JK wilayah tidak mengalami tekanan baik mental maupun tekanan pihak ekternal..sehingga teman2 POKJA dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar..karena saya percaya teman2 POKJA BP2JK sumut sesungguhnya tidak punya niat yg buruk..namun karena adanya tekanan membuat mereka tidak dapat leluasa dalam bekerja…terima kasih

Berdasarkan hasil survei yang telah dilaksanakan, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasanmasyarakat yang telah diberikan berada pada tingkat “Kurang Baik” dengan nilai rata-rata 2,84% dari total maksimal 4%.


Demikian Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) BP2JK Wilayah Sumatera Utara dibuat dengan harapan semoga laporan ini membawa manfaat bagi pembaca yang terkait dengan pelayanan publik dan menjadi dasar perbaikan layanan Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Sumatera Utara.