Kampus Zero TB: BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi serta Mahasiswa Peduli TBC

Selamat datang Bp2jksumut di Situs Kami!

Makassar – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Tahun 2023, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kota Makassar bekerjasama dengan Yayasan Bakrie Center, Kadin Indonesia, Kadin Daerah Sulawesi Selatan dan Yayasan Peduli Tuberkulosis Masyarakat Sulsel (YAMALI TB ) selenggarakan edukasi dan skrining penyakit tuberkulosis (TBC) kepada 300 mahasiswa STIK Tamalatea Makassar. Kampus Zero TB: BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi serta Mahasiswa Peduli TBC

Program ini merupakan bagian dari upaya bersama percepatan pemberantasan tuberkulosis di Indonesia yang diprakarsai oleh Yayasan Bakrie Center dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Ishaq Iskandar ikut serta dalam pencanangan “Kampus Nol Tuberkulosis”.

STIK Tamalatea Makassar merupakan universitas pertama di Sulawesi Selatan yang berkomitmen menjadikan masalah TBC sebagai fokus utama dalam penelitian dan kegiatan sosialnya. Besok, MHM Resmikan Kantor Cabang Indonesia di Konferensi Agama dan Perubahan Iklim Asia Tenggara

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif BCF dan Kadin Indonesia yang membawa isu TBC ke perguruan tinggi dan universitas. “Melalui kegiatan edukasi dan skrining TBC kepada 300 mahasiswa STIK Tamalatea Makassar, (komitmen) ini kami lanjutkan untuk mengangkat isu TBC melalui sosialisasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Presiden STIK Tamalatea Makassar Rahmawati.

Saat ini jumlah kasus baru tuberkulosis (TB) di Indonesia diperkirakan mencapai hampir satu juta orang (969.000 orang). Pada bulan Oktober 2023, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, cakupan pengobatan baru mencapai 59%, yang berarti masih ada 41% kasus yang belum teridentifikasi dan diobati, sehingga dapat menjadi sumber penularan tuberkulosis di masyarakat.

Di Kota Makassar, target penemuan kasus TBC pada tahun 2023 sebanyak 14.898 kasus. Sedangkan di tingkat provinsi, target penemuan kasus aktif sebanyak 47.075 kasus.

Namun hingga Oktober 2023, baru terlaksana sebanyak 21.667 kasus. Skrining TBC yang dilakukan pada kalangan pelajar diharapkan dapat mempercepat pencapaian target deteksi kasus TBC.

“Berbagai upaya terus dilakukan untuk menghilangkan tuberkulosis dalam upaya pencegahan, deteksi kasus, aktif dan laten, diagnosis dan terapi/pengobatan. “Saya berharap kegiatan kerjasama BCF dan universitas dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan pemberantasan TBC di Sulsel,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

TBC merupakan penyakit yang mendapat stigma, sehingga edukasi tentang TBC dan proses skriningnya dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, seperti mengadakan permainan edukasi untuk menarik minat siswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang TBC.

Tahap screening dilakukan dengan mengadakan diskusi kelompok bersama mahasiswa didampingi staf Yayasan Peduli TBC Sulawesi Selatan (YAMALI).

“Pelajar merupakan saluran komunikasi yang efektif untuk menyebarkan informasi akurat tentang TBC.” “Karena saat ini masih banyak terjadi kesalahpahaman dalam menyikapi masalah TBC di masyarakat, sehingga stigma dan diskriminasi masih menjadi kendala untuk mengajak masyarakat menjaga kesehatan, mencegah bahkan menyembuhkan TBC,” imbuhnya. Vaode Rizki, Kepala Humas Yayasan Bakri Center. Kampus Zero TB: BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi serta Mahasiswa Peduli TBC

Program Kolaborasi Nasional Percepatan Eliminasi Tuberkulosis saat ini sedang berjalan di 6 provinsi yaitu Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Melalui program ini, BCF dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia mendorong lintas sektor untuk meningkatkan kolaborasi dalam mengatasi TBC di Indonesia.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Sampah yang dibuang ke Kantor OJK NTB, diduga akibat kampanye anggota DPR. Rombongan datang membawa puluhan sayur busuk dan beberapa karangan bunga sebagai bentuk kritik terhadap OJK NTB atas dugaan kebocoran bank data. BP2JK Sumut 12 Februari 2024

Tulisan ini dipublikasikan di Edukasi. Tandai permalink.