Home » Aplikasi » 5 Cara Membuat Sound Of Text WA + Dijadikan Nada Dering

5 Cara Membuat Sound Of Text WA + Dijadikan Nada Dering

jic.co.id – Kamu bisa menggunakan Sound of Text WA untuk membuat nada dering WhatsApp yang lain dari biasanya. Ya, notifikasi WA yang biasa tentu membosankan dan monoton. Beruntungnya, kamu bisa menggunakan notifikasi yang berasal dari kata-kata yang kamu buat sendiri.

Kata-kata tersebut nantinya bisa kamu jadikan audio dengan format MP3. Selanjutnya, audio dengan format MP3 tersebut bisa digunakan sebagai nada dering untuk notifikasi WhatsApp. Bagaimana cara membuatnya? Untuk mengetahui lebih lengkap tentang hal ini, silakan cek ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang WhatsApp

Sebelum membahas tentang Sound of Text WA, kita akan membahas tentang WhatsApp terlebih dahulu. Jadi, WhatsApp adalah aplikasi komunikasi yang modern, di mana pengguna bisa mengirimkan pesan dalam bentuk teks, foto, video, melakukan panggilan biasa, video call dan lain sebagainya.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan nomor satu, pengguna Android maupun iOS mayoritas memasang aplikasi ini di perangkat mereka. Tidak mengherankan memang, karena selain fiturnya yang banyak, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan.

Sebagai pengguna, kamu bisa mengatur nada dering untuk notifikasi yang berasal dari WhatsApp, mulai dari nada dering pesan, panggilan dan lain sebagainya. Biasanya, WhatsApp sudah menyediakan berbagai nada dering yang bisa dipilih-pilih oleh pengguna.

Selain nada dering yang berasal dari WhatsApp, pengguna juga bisa menggunakan nada dering yang mereka miliki. Misalnya saja kamu memiliki lagu-lagu favorit di penyimpanan HP, kamu bisa menggunakannya sebagai nada dering WhatsApp juga.

Dengan menggunakan nada dering dari lagu favorit, tentu kamu akan suka setiap kali ada pesan atau panggilan masuk. Ya, setiap ada pesan atau panggilan WhatsApp masuk, kamu bisa mendengarkan lagu favoritmu.

Nah, selain bisa menggunakan audio atau musik dari penyimpanan HP, kamu juga bisa membuat nada dering kustom. Maksudnya, kamu bisa mengatur bunyi nada dering WhatsApp tersebut, yaitu dengan menggunakan teknologi Text to Speech.

Jadi, kamu tinggal menulis teks yang akan dijadikan nada dering, lalu mengonversinya menjadi MP3. Setelah menjadi MP3, kamu bisa menggunakannya untuk nada dering WhatsApp. Pastinya, nada dering ini lebih unik dan personal, karena kamu bisa mengaturnya sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Apa Itu Sound of Text WA?

Apa-Itu-Sound-of-Text-WA

Seiring berkembangnya teknologi, muncul berbagai fitur dan inovasi yang menarik, salah satunya adalah Sound of Text WA. Awalnya, tren ini ramai di TikTok, sehingga mengundang banyak animo masyarakat untuk ikut menggunakannya.

Jadi, maksud dari istilah ini adalah teks yang dibuat menjadi suara. Teks yang digunakan bisa berasal dari bahasa mana saja, mulai dari Bahasa Jawa, Indonesia, Inggris dan lain sebagainya. Pengguna pun bisa memilih tipe suara sesuai selera, makanya unik dan bisa beda dari lainnya.

Meskipun cukup populer, namun masih banyak yang belum tahu tentang Sound of Text WA Bahasa Indonesia di WhatsApp. Dengan fitur Text to Speech, setiap orang bisa membuat teks menjadi bersuara, sehingga bisa dijadikan nada dering WhatsApp dan sejenisnya.

Baca :   Jadwal FYP TikTok Hari Ini Terbaru 2022 (Senin

Memang, fitur ini bisa diaplikasikan di layanan lain, namun yang paling banyak tentu saja di WhatsApp. Mungkin kamu pernah mendengar tentang nada dering semacam ini, yang biasanya berupa kata-kata yang bisa dikustomisasi dan diucapkan oleh seorang laki-laki atau perempuan.

Fitur Text to Speech

Fitur-Text-to-Speech

Sebenarnya, fitur ini tidak hanya dibuat untuk membuat nada dering di WhatsApp saja. Ya, fitur ini telah digunakan di bidang lainnya, misalnya saja untuk menarasikan sebuah video. Dengan fitur ini, pembuat video akan dimudahkan dalam menarasikan video yang mereka ciptakan.

Jika kamu sering scroll TikTok, pasti sering menyaksikan penerapan dari fitur Text to Speech ini. Ya, kebanyakan video TikTok menggunakan fitur ini, untuk menarasikan keterangan-keterangan di video tersebut. Dengan fitur ini, pembuat video tidak perlu menarasikan dengan suara sendiri secara manual.

Jadi, cukup tulis narasi video yang diinginkan, lalu konversi teks tersebut menjadi suara dengan format MP3. Selanjutnya, tinggal memasukkan audio tersebut ke video. Pastikan untuk menyesuaikan audio dengan videonya, agar pas antara narasi dengan scene di video.

Kapan Tren Sound of Text WA Dimulai?

Kapan-Tren-Sound-of-Text-WA-Dimulai

Sebenarnya, kapan sih tren ini dimulai? Jika berbicara tentang teks yang dijadikan suara untuk kemudian dibuat nada dering WhatsApp, tentu sudah ada yang melakukannya sejak lama. Namun jika bicara tentang tren yang masih, maka ada hubungannya dengan TikTok.

Maksudnya adalah, banyak video pendek di TikTok yang menggunakan fitur Text to Speech. Memang terkesan unik dan berbeda dengan lainnya, makanya banyak orang yang membuat konsep yang sama, dan akhirnya menerapkannya di WhatsApp juga.

Ya, sejak viralnya tren ini, banyak pengguna WhatsApp yang kreatif juga ikut menggunakan fitur Text to Speech ini. Tidak heran, sekarang juga banyak bermunculan situs yang bisa membuat teks menjadi suara dalam berbagai bahasa yang beraneka ragam.

Jadi, jika kamu belum melakukan hal ini dan sekarang ingin melakukannya, maka sudah banyak situs Sound of Text WA yang bisa digunakan. Tidak seperti dulu yang masih jarang, ketika tren teks dijadikan suara belum seramai sekarang ini.

Contoh Nada Dering WhatsApp Viral dari Text to Speech

Contoh-Nada-Dering-WhatsApp-Viral-dari-Text-to-Speech

Ternyata, ada lho Sound of Text WA yang sempat viral dan banyak digunakan oleh pengguna WhatsApp. Apa saja nada dering WhatsApp kustom yang viral tersebut? Setidaknya ada 3 jenis nada dering WA dari teks yang viral dan digunakan banyak orang, yaitu :

1. Chagiya Muncha Washo

Pertama ada kata-kata Chagiya Muncha Washo, yang berasal dari Bahasa Korea. Banyak penggila Korea (KPop dan Drakor) yang menggunakan kata-kata ini sebagai nada dering WhatsApp mereka. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, artinya adalah panggilan sayang/mesra antar suami dan istri.

Jika kamu ingin ikut menggunakan nada dering ini, berikut cara membuatnya :

  • Buka browser lalu kunjungi situs Sound of Text https://soundoftext.com/.
  • Setelah situs terbuka, akan ada kolom untuk memasukkan teks, jadi masukkan kata Chagiya Muncha Washo di dalamnya.
  • Selanjutnya pilih jenis suara ke Bahasa Korea.
  • Jika sudah, klik Submit untuk mengonversi teks tersebut ke suara.
  • Setelah selesai, silakan download audio tersebut.

2. Nani Ohayo

Selain kata-kata dari Bahasa Korea di atas, nada dering dari Bahasa Jepang ini juga sempat viral dan banyak digunakan pengguna WA sebagai nada dering. Suara Bahasa Jepang yang melafalkan kata ini memang imut dan lucu, jadi banyak yang menyukainya.

Berikut cara membuatnya :

  • Buka browser yang biasa digunakan, kunjungi situs https://soundoftext.com/.
  • Setelah situs terbuka, masukkan kata Nani Ohayo di kolom yang disediakan.
  • Selanjutnya pilih Bahasa Jepang dan klik Submit untuk memprosesnya.
  • Setelah selesai, silakan download audio
Baca :   Social Spy WhatsApp - Tool Sadap WA Orang Lain Terbaru 2022

3. Nada Pesan WhatsApp Sebut Nama

Selain dua nada dering di atas, nada dering WA dengan menyebut nama juga sempat viral. Jadi, kamu hanya harus memasukkan nama kamu sendiri, lalu konversi menjadi suara. Contohnya adalah “Halo Mas Budi, Ada Pesan WhatsApp, Silakan Dibaca”.

Intinya, buat kata-kata sekreatif mungkin sesuai dengan selera. Pastinya, kata-kata tersebut akan terdengar unik setelah dijadikan suara lalu dibuat sebagai nada dering WhatsApp. Tentunya, juga tidak membosankan seperti ketika masih menggunakan nada dering WhatsApp yang default.

Cara Membuat Nada Dering Sound of Text WA

Jangan khawatir, cara membuat sound WA dari teks sangat mudah, ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan. Jika ada satu situs yang sedang bermasalah, kamu bisa menggunakan situs alternatif. Apa saja situs-situsnya? Silakan cek ulasannya di bawah ini :

1. Sound of Text

Sound-of-Text

Pertama ada Sound of Text, situs yang akan membantumu mengubah teks menjadi suara dengan mudah. Nantinya, teks yang sudah menjadi audio tersebut bisa kamu jadikan nada dering WhatsApp dan kebutuhan lainnya.

Bagaimana cara menggunakan Sound of Text? Sangat mudah, situs ini tidak akan membuat pengunjung bingung, karena sangat simpel dan gamblang. Namun, bagi yang belum pernah menggunakannya, bisa mempelajari langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka browser, bisa Google Chrome, Opera Mini dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya kunjungi Sound of Text, dengan alamat https://soundoftext.com/.
  • Jika situs sudah terbuka, masukkan teks yang kamu inginkan di kolom Text.
  • Jika sudah, pilih bahasa yang ingin digunakan di kolom Voice.
  • Setelahnya klik Submit dan tunggu teks tersebut dikonversi ke suara.
  • Setelah proses selesai, kamu bisa klik Play untuk memutar audio yang sudah jadi, atau klik Download untuk mengunduhnya.

2. Voice of Text

Voice-of-Text

Selain situs Sound of Text, kamu juga bisa membuat Sound of Text WA di situs Voice of Text. Situs ini tidak jauh berbeda dengan Sound of Text, yang juga berguna untuk mengonversi teks menjadi suara, sehingga bisa digunakan sebagai nada dering WhatsApp.

Yang menarik dari situs ini adalah kemampuannya untuk mengubah kata-kata ke Bahasa Jawa atau Sunda. Di situs Sound of Text, tidak ada dua opsi bahasa ini. Cara menggunakan situs ini juga sangat mudah, langkah-langkahnya bisa kamu cek di bawah ini :

  • Buka browser di HP atau PC.
  • Selanjutnya kunjungi situs Voice of Text.
  • Setelah situs terbuka, masukkan teks yang ingin kamu jadikan nada dering WA di kolom yang tersedia.
  • Kemudian pilih jenis suara yang kamu inginkan, apakah dalam Bahasa Jawa, Sunda, Indonesia, Inggris dan lain sebagainya.
  • Jika sudah, klik Convert to Voice untuk mengubah teks tersebut menjadi suara.
  • Setelah proses selesai, klik Download untuk mengunduh suara yang sudah jadi.

3. Voice Maker

Voice-Maker

Jika kamu ingin fitur yang lebih lengkap, maka bisa menggunakan situs Voice Maker. Pasalnya, kamu bisa kustomisasi teks yang ingin dijadikan suara dengan lebih mendetail. Lewat situs ini, kamu bisa mengatur beberapa hal terkait teks yang akan dijadikan suara, seperti :

  • Pause, jeda pengucapan antar kata.
  • Speed, kecepatan pengucapan kata.
  • Volume, volume suara (x-soft, soft, medium, loud, x-loud).

Selain itu, kamu juga bisa mengatur suara siapa yang akan digunakan. Di situs tersebut tersedia berbagai jenis suara, seperti :

  • Ivy, Female (Child)
  • Joey, Male
  • Justin, Male (Child).
  • Kendra, Female

Meskipun banyak fitur, menggunakan situs ini tetap mudah, tidak berbeda dengan dua situs sebelumnya. Jika belum pernah, silakan cek tutorialnya di bawah ini :

  • Pertama, buka browser dan kunjungi Voice Maker.
  • Setelah situs terbuka, langsung masukkan teks yang akan dibuat suara di kolom yang tersedia.
  • Kemudian atur teks tersebut, mulai dari jeda, kecepatan, volume suara dst.
  • Jika sudah, pilih bahasa yang ingin digunakan.
  • Kemudian pilih suara yang ingin digunakan.
  • Jika sudah semuanya, gulir ke bawah dan klik Convert to Speech.
  • Setelah proses konversi selesai, silakan klik Download MP3 untuk mengunduh audio tersebut ke penyimpanan perangkat.

4. Free TTS

Free-TTS

Cara membuat Sound of Text WA berikutnya adalah dengan menggunakan situs Free TTS. Lewat situs ini, kamu bisa memilih apakah menggunakan suara pria atau wanita. Caranya membuatnya juga mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka browser dan kunjungi Free TTS.
  • Setelah terbuka, klik Start Text to Speech Free.
  • Setelahnya tulis teks yang ingin kamu jadikan suara, maksimal 5000 karakter.
  • Jika sudah, pilih language (bahasa) yang ingin digunakan.
  • Kemudian pilih jenis suara yang ingin digunakan.
  • Setelahnya klik Convert to MP3 dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah selesai, klik Download MP3 untuk mengunduh suara yang sudah jadi tersebut.

5. Vo Codes

Vo-Codes

Berbeda dengan situs lainnya, di situs ini, kamu bisa membuat teks dan mengonversinya menjadi suara yang akan disuarakan oleh karakter favoritmu. Kamu bisa menggunakan suara SpongeBob, Squidward, Batman, Robin dan masih banyak lagi.

Sangat menarik bukan? Jika kamu tertarik menggunakan situs ini, simak cara-caranya di bawah ini :

  • Buka browser dan kunjungi Vo Codes di alamat https://fakeyou.com/.
  • Setelah situs terbuka, pilih Category Filters yang ingin kamu gunakan, apakah dari anime, game, kartun, meme dan lain sebagainya.
  • Jika sudah, pilih Voice yang ingin kamu gunakan dari karakter favorit.
  • Jika sudah, sekarang tuliskan teks yang ingin kamu jadikan suara.
  • Kemudian klik Speak dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah selesai, klik Permalink & Download dan klik Download File untuk mengunduh audionya.

Cara Memasang Nada Dering dari Sound of Text WA

Cara-Memasang-Nada-Dering-dari-Sound-of-Text-WA

Setelah kamu mengubah teks menjadi suara dan mengunduh audio yang sudah jadi, sekarang tinggal membuat audio tersebut sebagai nada dering WhatsApp. Bagaimana caranya? Sangat mudah, sama seperti ketika kamu ingin mengganti nada dering WA dengan lagu dari penyimpanan perangkat.

Namun bagi yang belum pernah melakukan hal tersebut, tentu akan merasa kesulitan. Nah, daripada kesulitan, kamu bisa mempelajari langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama, buka WhatsApp.
  • Kemudian klik titik tiga dan buka Settings.
  • Setelahnya buka menu Notifications dan pilih Notification Tone.
  • Selanjutnya ganti dengan Sound of Text WA yang sebelumnya telah kamu buat.
  • Selesai, sekarang notifikasi WA telah berubah dengan Sound of Text.

Ingat, membuat Sound of Text di atas membutuhkan koneksi internet. Jadi, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang lancar agar bisa mengonversi teks ke suara. Selain itu, koneksi yang lancar pun dibutuhkan ketika kamu ingin mengunduh audio yang sudah jadi.

Cara membuat Sound of Text WA sangat mudah, bisa dengan menggunakan situs seperti Voice Maker, Voice of Text dan lain sebagainya. Dengan teknologi Text to Speech, kamu bisa membuat nada dering WA yang tidak biasa, yang berasal dari teks kustom yang dikonversi menjadi suara.

 

Lihat Juga :

Baca :   Simontox App 2022 Tanpa Iklan Versi Lama dan Baru