Usia Kehamilan 29-30 Minggu, Posisi Janin Penting Diperhatikan Untuk Tentukan Proses Persalinan

Sugeng rawuh Bp2jksumut di Situs Kami!

BP2JK Sumut – Memasuki bulan ketiga kehamilan, menjadi sangat penting untuk memperhatikan kondisi janin. Hal ini untuk mengetahui apakah proses persalinannya bisa melalui operasi atau operasi caesar. Usia Kehamilan 29-30 Minggu, Posisi Janin Penting Diperhatikan Untuk Tentukan Proses Persalinan

Dikutip dari channel YouTube Ask the Doctor, artikel ini mengikuti perkembangan janin setiap minggunya, seperti dijelaskan oleh dr Jeffrey Christianawan. Saat ini, memasuki minggu kehamilan 29-30, fokusnya adalah pada perkembangan organ paru-paru dan posisi janin. Waspada, Ini Jenis Kanker yang Paling Banyak Diidap Pria

29 minggu

Berat janin 1.100 hingga 1.200 kilogram, dan panjangnya berkisar antara 38 hingga 39 cm. Fungsi kelopak mata sudah baik dan mulai berkedip. Gerakan yang lebih aktif bisa terjadi lebih dari sepuluh kali dalam dua jam. Hal ini juga bisa menjadi tanda bagi ibu bahwa janinnya sehat. Gerakan yang baik seperti tendangan atau pukulan juga bisa dihitung. Ada baiknya ibu mengevaluasi pergerakan janin dalam posisi istirahat.

Organ dalam fokus pada pembentukan paru-paru, tempat terciptanya surfaktan, yang berfungsi membentuk paru-paru. Dalam kasus bayi prematur yang tidak dapat bernapas sendiri karena kekurangan surfaktan, hal ini sangat penting.

Ibu sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi vitamin, kemudian menghindari polusi atau bahan kimia. Sebab hal tersebut bisa terdampak jika ibu terus menerus terpapar asap rokok atau dekat dengan bahan kimia.

Ibu sebaiknya menambahkan suplemen kalsium. Hal ini penting karena tulang bayi mulai menebal dan panjang. Janin akan tumbuh lebih banyak tulang kecil. Minimal, ibu harus mendapat asupan yang cukup sebanyak 1.500 hingga 2.000 mg per hari. Karena tidak hanya untuk kebutuhan janin saja, tapi juga memiliki kalsium yang tepat untuk kesehatan tulang dan gigi ibu.

30 minggu

Posisi janin mulai bergerak pasti sudah mulai turun. Jika tidak, Anda bisa melakukan crunch, berlutut, atau jongkok. Pergerakan janin ke bawah sangat penting untuk menentukan apakah janin dapat dilahirkan secara alami atau melalui operasi caesar. Inilah sebabnya mengapa ibu perlu melakukan senam hamil.

Organ yang ada di dalam janin yaitu sumsum tulang mulai bekerja agar darah keluar. Usia Kehamilan 29-30 Minggu, Posisi Janin Penting Diperhatikan Untuk Tentukan Proses Persalinan

Keluhan yang sering dikeluhkan para ibu adalah sesak napas. Hal ini terjadi karena tekanan rahim meningkat. Solusinya bisa berbaring miring ke kanan atau ke samping kiri atau setengah jok. Selama Anda tidak berbaring telentang. Wanita yang sedang hamil dalam sebulan terakhir atau lebih dari lima bulan tidak dianjurkan tidur dengan posisi duduk.

Selain itu, hindari penggunaan bra yang terlalu gelap agar dada terlihat lebih bagus. Pasalnya, payudara mulai membesar sebagai persiapan menyusui. Para ibu mulai menerima vaksin seperti vaksin tetanus, vaksin tiroid, dan lain-lain.

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.