Wujudkan Kesejahteraan, BIN dan PMI Gelar Penanaman Perdana Jagung Hibrida

Wecome Bp2jksumut di Situs Kami!

BP2JK Sumut – Para pemuda anggota Badan Intelijen Negara (BIN) dan Pemuda Inspiratif Papua (PMI), menggelar acara penanaman perdana tanaman jagung hibrida modern di Desa Sidi Baru, Distrik Manokwari, Provinsi Papua Barat Wujudkan Kesejahteraan, BIN dan PMI Gelar Penanaman Perdana Jagung Hibrida

Tahap awal, jagung ditanam di lahan seluas 10 hektare. Namun angka tersebut akan segera bertambah seiring dengan tersedianya total lahan tidur seluas 100 hektare.

Penanaman jagung pertama diprakarsai oleh Wakil Direktur Kartikajaya Departemen Intelijen Ekonomi BIN, dilanjutkan oleh Koordinator Provinsi PMI. Papua Barat Simon Tabuni, petani milenial, perwakilan kelompok tani dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten. Manokwari.

Arnold Moktis (34), petani milenial sekaligus anggota PMI, mengatakan, penanaman jagung di lahan kelompok tani Sumber Rezeki mitra PMI ini terlaksana atas dorongan BIN. PMI juga akan memberikan dukungan mulai dari penanaman hingga pengelolaan dan pemasaran. PMI dan BIN siap bertaruh. Kisah Inspiratif Dini, Guru Honorer yang Berhasil Mengubah Hidup melalui Shopee Affiliate & Shopee Live

Arnold menjelaskan, para petani di wilayahnya masih menggunakan peralatan tangan untuk menanam jagung dan selalu kebingungan saat menjual jagungnya saat panen.

Namun dengan hadirnya PMI dan BIN, para petani mulai menanam jagung secara modern. Selain itu, ke depannya para petani tidak akan bingung lagi harus menjual hasil panennya ke mana. Sebab, PMI atas dorongan BIN menggandeng berbagai pihak untuk membeli hasil panen tersebut. Petani merasa senang dan bersemangat dalam budidaya jagung.

“Kami atas nama para pemuda Papua dan petani milenial yang inspiratif, kami sangat bangga dan bersyukur atas momen yang terjadi hari ini karena sangat spesial. Harapan kami ini bisa menjadi kenyataan,” ujarnya kepada Made Kartikajaya usai acara penanaman pohon. kata Arnold.

Arnold mengatakan seluruh petani, pemuda dan ibu-ibu di Papua akan didorong untuk bertani jagung untuk meningkatkan pendapatan mereka. Secara keseluruhan, program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga Papua Barat. Menurut Arnold, program PMI dengan menggunakan BIN dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Kami akan merangkul semua petani dan ibu-ibu yang ada dan memastikan bahwa tanah mereka digarap untuk kepentingan mereka, bukan hanya dibongkar, sehingga kita bisa menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan di Sidi dan secara umum untuk negara dan negara ini,” tegasnya. .

Penaburan jagung dijadwalkan tujuh hari ke depan. Target panennya Januari 2023.

Bupati Pertanian Manokwari Kukuh Saptoyudo mengaku terkejut dengan kerja yang dilakukan PMI dan BIN. Pasalnya, menanam jagung hibrida melibatkan persiapan segala sesuatu mulai dari benih, peralatan, hingga pemasaran.

Kukuh mengakui pemasaran hasil panen selalu menjadi persoalan besar bagi petani jagung di daerahnya. Pemda Manokwari menyatakan siap mendukung PMI untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat, termasuk penyiapan lahan untuk pertanian dan peternakan.

“PMI dengan dukungan BIN ini istimewa. Saya harap ini bukan yang pertama dan terakhir. Ini awal dari hal yang lebih besar. Pemkab Manokwari siap mendukung dan saya berharap kerja sama ini terus berlanjut,” ujarnya.

Acara penanaman jagung pertama ini bertajuk “Penanaman Jagung Hibrida Pertama Bersama Pengurus Utama PMI, Pemerintah Kabupaten Manokwari, Stakeholder dan Petani Muda Milenial Papua Inspiratif” yang mengangkat tema “Menjaga Ketahanan Pangan”. Wujudkan Kesejahteraan, BIN dan PMI Gelar Penanaman Perdana Jagung Hibrida

Program pembangunan pertanian ini mengikuti pedoman Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, Kepala BIN, Pol Jenderal (Purn) Profesor Dr. Budi Gunawan, SH, MSi menggantikan Deputi Direktur Intelijen Ekonomi IV BIN sebagai Kartikajaya.

PMI merupakan organisasi binaan BIN yang mempunyai misi untuk menanamkan semangat baru pada generasi muda Papua dan Papua Barat serta mewujudkan potensi dan ide kreatifnya untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Tulisan ini dipublikasikan di Bisnis. Tandai permalink.