Zona Integritas – Area VI

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

 

Target yang akan dicapai :

1. Meningkatnya kualitas layanan publik (lebih cepat, murah, aman dan lebih
    mudah dijangkau)
2. Meningkatnya jumlah unit layanan yang memperoleh standarisasi
    layanan(layanan internasional)
3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan
    pelayanan publik.

 

Atas dasar hal tersebut terdapat beberap indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu:

 

1.    Standar pelayanan.
       Terdapat standar pelayanan menyusun standar pelayanan sesuai dengan
       peraturan menteri PAN RB nomor 15 2014.

 

b.    Standar pelayanan telah dimaklumatkan dengan cara:

       1).   Membuat standar maklumat layanan
       2).   Melakukan pemasangan maklumat standar pelayanan di tempat pelayanan

 

c.     Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

 

d.    Melakukan reviu dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.

 

Kegiatan kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: dokumen standar layanan, capture maklumat standar layanan di tempat layanan, dokumen SOP pelaksanaan standar layanan, dokumen review dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.

 

2.    Budaya pelayanan prima

       a.    Telah dilakukan sosialisasi upaya penerapan budaya pelayanan prima

              kepada pegawai
       b.    Telah dilakukan informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui
              berbagai media, baik media cetak papan pengumuman, media social,
              website dll.

       c.    Telah terdapat sistem punishment(sanksi) dan reward (penghargaan)
              bagi pelaksana layanan serta memberikan kompensasi kepada penerima
              layanan bila layanan yang diberikan tidak sesuai standar


Kegiatan-kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung berupa: dokumen sosialisasi pelayanan prima (undangan daftar hadi notulen foto sosialisasi capture sarana informasi layanan, sistem reward dan punishment), dokumen penghargaan bagi pegawai teladan dan dokumen hukuman disiplin sebagai punishment serta kompensasi kepada penerima layanan.

 

3.    Sarana layanan terpadu/terintegrasi

       a.    Menyediakan layanan tepadu (pembayaran layanan melalui simponi
              aplikasi simari antara UPT dan mahkamah agung)
       b.    PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu)

 

4.    Terdapat inovasi dalam layanan

       Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data: Berupa capture aplikasi layanan
       terpadu dan foto PTSP, capture inovasi pada area layanan.

 

5.    Penilaian kepuasan terhadap pelayanan

       a.   Untuk mengetahu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang
             diberikan oleh unit layanan maka perlu melakukan survey kepuasan
             masyarakat (SKM setiap 6 bulan).
       b.   Hasil survey dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat melalui
             website, media social, dan banner/spanduk
       c.   Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat dengan
             melakukan perbaikan layanan

 

Kegiatan-kegiatan tersebut diatas dilengkapi dengan data dukung: dokumen laporan survey, capture foto tentang pelaksanaan survey dan hasil survey, dokumen laporan perbaikan layanan sebagai tindak lanjut dari survey kepuasan masyarakat.